Penulis | : | Prof. Dr. Ir. Dhini Dewiyanti, M.T. |
ISBN | : | 978-602-18602-9-8 |
Halaman | : | 77 |
Ukuran | : | 15,5 x 23 cm |
Cover | : | Soft Cover |
Penerbit | : | UNIKOM Press |
Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan impian, kebebasan, dan keceriaan- sebuah dunia yang sering kita rindukan sebagai orang dewasa. Di balik tawa dan permainan anak, terdapat proses belajar yang esensial dalam membentuk kepribadian dan kemampuan mereka. Bermain bukan sekedar hiburan, tetapi sebuah sarana belajar yang sangat efektif dan alami bagi anak. Era digitalisasi membawa perubahan mendalam dalam cara manusia berinteraksi dengan ruang, termasuk ruang bermain dan belajar anak-anak. Dalam konteks arsitektur, penelitian perilaku anak menjadi semakin relevan untuk memahami bagaimana desain ruang dapat mendukung kebutuhan perkembangan fisik, kognitif, dan sosial mereka di tengah kemajuan teknologi. Kehadiran era digitalisasi melalui hadirnya Internet of Things (IoT), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligent (AI), telah menciptakan peluang baru untuk menciptakan lingkungan bermain dna belajar yang interaktif dan personal. Dengan memberikan rekomendasi untuk desain ruang bermain dan belajar yang inovatif, diharapkan orasi ini mampu berkontribusi pada pengembangan arsitektur yang adaptif dan berorientasi pada kebutuhan generasi masa depan di tengah tantangan digitalisasi.